Pembuatan Monosodium glutamate - Refinery



Haii haii :)


Masih ngublek-ublek MSG yaa. Hehee. Ini tahapan terakhir kok, yeay ! 

Tahapan terakhir dalam pembuatan MSG adalah refinery atau pemurnian. Sebenarnya proses permurnian sudah dimulai dari tahap recovery dan dilanjutkan ke tahap refinery. Pada tahap refinery ini bertujuan untuk memisahkan cairan asam glutamat dari pengotor-pengotor kimia seperti ion-ion pengganggu, zat warna dan zat bau.  


Neutral liquor yang merupakan produk dari tahapan sebelumnya akan mengalami dua kali proses dekolorisasi. Dekolorisasi bertujuan untuk menghilangkan warna coklat pekat dan bau menghasilkan caian jernih (tidak berwarna) dengan prinsip adsorpsi. Activated carbon ditambahkan pada proses dekolorisasi untuk mengikat pengotor padat. Neutral liquor dibagi menjadi dua, 66% masuk ke dekolorisasi I dan sisanya masuk ke dekolorisasi II. Neutral liquor yang telah didekolorisasi I kemudian difiltrasi dan masuk ke dekolorisasi II bercampur dengan sisa neutral liquor yang belum didekolorisasi. Selanjutnya dilakukan proses filtrasi yang kedua menggunakan press filter.


Proses setelah dekolorisasi adalah penjernihan dengan resin tower yang bertujuan untuk menghilangkan ion-ion yang akan mengganggu proses kristalisasi seperti Cl- dan So4-. Pada proses penjernihan ini digunakan batu resin tipe diaion WA 30 sebagai ion exchanger. Produk yang keluar dari resin tower adalah cairan jernih tidak berwarna yang kemudian masuk ke proses netralisasi. NaOH ditambahkan untuk mencapai pH netral (6,9 – 7,1). NaOH berfungsi sumber ion Na yang merupakan penyusun MSG. Cairan hasil netralisasi dinamakan synex yang kemudian akan dikristalisasi. Kristalisasi disini yang dimaksud bukan proses pembentukan kristal tetapi lebih ke proses pertumbuhan kristal karena inti kristal sudah terbentuk ada tahap sebelumnya. Alat yang digunakan untuk proses kristalisasi adalah crystallizer yang membutuhkan waktu 24 jam. Produk yang keluar dari crystallizer disebut slurry yang kemudian akan disentrifugasi untuk memisahkan fraksi padat (MSG) dan fraksi cair (mother liquor) yang merupakan cairan asam glutamat yang tidak terkristalkan. Fraksi MSG lalu dikeringkan dan di-screening berdasarkan ukuran kristalnya yaitu L, M, S dan SS. Kristal MSG kemudian masuk ke bagian packaging untuk dikemas sesuai ukuran berat dan ukuran kristalnya.

Monosodium glutamate (sumber: http://food.ndtv.com)

Monosodium glutamate (sumber: http://food.ndtv.com)
Yeay kelaaaarr :D


Comments

Popular posts from this blog

[ m e r a w a t r i n d u ]

Pembuatan Monosodium glutamate - Fermentasi