Jangan Menyepelekan

My dear, apa yang mengganggu pikiranmu?”
“Ada yang sedang kupikirkan. Kemarin sore aku tak sengaja bertemu dengan teman SMP-ku di depan sebuah toko kelontong. Kami sempat bertukar kabar sambil numpang duduk di lincak pemilik toko tersebut. Temanku itu bercerita, dia kini tengah dihadapkan dengan suatu masalah. Padahal masalah itu hanya masalah sepele. Tapi aku perhatikan dia begitu stres. Heran aku.”
“Sayang, jangan menyepelekan masalah orang lain”
“Tapi itu bukan masalah besar. Aku pernah mengalaminya. Dan rasa-rasanya aku biasa saja dan mampu melewatinya. Tapi kenapa temanku itu seolah mendramatisir keadaan?”
(sambil tersenyum) “Aku paham perasaanmu. Mungkin kamu bisa berpikir begitu karena kamu sudah pernah mengalami. Mungkin bagimu bukan masalah besar, tapi bagi orang lain bisa jadi seolah dunia akan runtuh. Semua tergantung sudut pandang masing-masing. Dan lagi, mungkin masalahnya sama, tapi kita tak akan pernah tau bagaimana rasanya jika tidak mengalaminya. Jangan menyepelekan masalah orang lain. Setiap orang diuji dengan masalah sesuai porsinya, sesuai kemampuannya. Jangan bandingkan kemampuanmu dengan temanmu itu. Barangkali benar kamu lebih mampu. Tapi ingat, yang lebih mampu darimu pun banyak, bukan?”
“Iya, aku mengerti.” (menunduk)
“Nah, bagus. Berhenti membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Rasanya tak akan ada habisnya. Perihal temanmu itu, dia hanya butuh didengarkan, bukan diremehkan. Daripada kamu hanya menghakiminya, kenapa tidak kamu beri tahu solusinya? Bukankah katamu kamu pernah mengalaminya juga?”
(kemudian hening






Percakapan imajiner antara aku dan diriku
Untuk yang pernah saya sepelekan, saya gampangkan. “Alaah, cuma gitu doang” “Kayak gitu aja sih gampang” “Masak gitu aja nggak ngerti?” dan sederet komentar-komentar lain yang tanpa sadar terlontar. Semoga tidak memendam sakit hati 💗



Batang, 21 Maret 2018

Comments

Popular posts from this blog

[ m e r a w a t r i n d u ]

Pembuatan Monosodium glutamate - Fermentasi

Pembuatan Monosodium glutamate - Refinery